PENGERTIAN MICROSOFT OFFICE PUBLISHER

1 Apr

Pengertian Microsoft Office Publisher

Microsoft Publisher 2010 atau disingkat MS Publisher adalah salah satu dari salah banyak pemaketan Microsoft Office. MS. Publisher dirancang untuk tujuan percetakan yang bersifat praktis. Walaupun secara praktis kita dapat juga membuat berkasnya di pengolah kata seperti Microsoft Word, MS. Publisher mempunyai kelebihan yaitu memiliki banyak template-template yang siap digunakan. MS Publisher sering digunakan untuk membuat banner dan poster (Anonima, 2010).

Microsoft publisher Adalah sebuah program aplikasi untuk sistem operasi Windows yang digunakan untuk Desktop publishing. Program ini merupakan buatan Microsoft Corporation, dan mulai pada versi Microsoft Office System 2003, telah diintegerasikan ke dalam paket tersebut. Kini, namanya menjadi Microsoft Office Publisher. Versi terbarunya adalah Microsoft Office Publisher 2007 yang terintegrasi dengan Microsoft Office Publisher 2007 (Anonimb, 2009).

Microsoft Publisher, adalah sebuah aplikasi desktop publishing dari Microsoft. Ini adalah sebuah aplikasi entry-level, berbeda dari Microsoft Word dalam penekanan ditempatkan pada halaman tata letak dan desain ketimbang komposisi teks dan pemeriksaan. Versi saat ini adalah Microsoft Publisher 2010 untuk Windows, tidak ada versi untuk Macintosh.Pada Microsoft Office 2007, Penerbit saldo toolbar tradisional Office versi sebelumnya, tidak seperti program Office 2007 yang lain, yang menampilkan antarmuka pita baru. Microsoft Publisher 2010 berisi antarmuka pita baru.Penerbit termasuk dalam edisi yang lebih tinggi-akhir Microsoft Office, mencerminkan penekanan Microsoft pada aplikasi sebagai penggunaan
yang mudah dan alternatif lebih murah ke “kelas berat,” dengan fokus pada pasar usaha kecil di mana perusahaan tidak memiliki didedikasikan desain profesional tersedia untuk membuat materi pemasaran dan dokumen lainnya. Namun, ia memiliki pangsa relatif kecil dari pasar desktop publishing, yang didominasi oleh Adobe InDesign dan QuarkXPress. Penerbit secara historis kurang disukai di kalangan high-end toko mencetak komersial, dibandingkan dengan aplikasi desktop publishing lainnya. Penerbit posisi sebagai aplikasi entry-level memperburuk banyak hal (terutama dalam versi yang lebih tua) seperti font tersedia dan tertanam benda-benda tidak tersedia pada penyedia layanan mesin ‘. Sebaliknya, Penerbit dilengkapi dengan alat-alat untuk pak file terkait ke dalam aplikasi diri berkembang.

Banyak fitur akhir lebih tinggi seperti transparansi, membayangi objek, siput, teks di jalan, dan built-in output PDF entah tidak berfungsi secara penuh atau tidak tersedia di versi sebelumnya. Namun, versi terbaru memiliki kemampuan yang lebih besar tentang pemisahan warna dan tepat output proses pewarnaan (Anonimc, 2011).

 

File milik penerbit format (pub.) tidak didukung oleh aplikasi lainnya, dengan pengecualian Adobe PageMaker dan Corel Draw X4 (terbuka saja). Penerbit mendukung berbagai format file lain, termasuk format Enhanced Metafile (EMF) yang didukung pada platform Windows. Microsoft Publisher versi trial dapat digunakan untuk melihat. Pub file diluar masa percobaan (Anonimc, 2011).

Microsoft Publisher (nama penuh Microsoft Office Publisher) merupakan perisian penerbitan meja yang dihasilkan oleh Microsoft. Ia boleh digunakan untuk menghasilkan bahan penerbitan yang baik dengan pilihan rekaan yang pelbagai, contohnya termasuklah risalah, ucapan, katalog, buletin dan sebagainya. Microsoft Publisher sering dianggap sebagai perisian permulaan, ia boleh memberikan kawalan unsur halaman yang lebih bagus berbanding Microsoft Word namun tidak sebagus program reka bentuk laman seperti Adobe InDesign atau QuarkXPress (Anonimd, 2011).

Berdasarkan Anonimd (2011), versi Microsoft Publisher adalah :

1.      1991 Microsoft Publisher for Windows

2.      1993 Microsoft Publisher 2.0

3.      1995 Microsoft Publisher 3.0 for Windows 95

4.      1996 Microsoft Publisher 97 (Windows 95)

5.      1998 Microsoft Publisher 98 (Windows 9x)

6.      1999 Microsoft Publisher 2000 (Windows 9x, 2000, ME)

7.      2001 Microsoft Publisher 2002 (Windows 98, 98SE, ME, 2000, XP)

8.      2003 Microsoft Office Publisher 2003 (Windows 2000 (SP3), XP)

9.      2007 Microsoft Office Publisher 2007 (Windows XP, Vista)

 

Sejarah Microsoft Office Publisher

Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang temuda. Kala itu Microsoft publisher masih memiliki banyak kekurangan. Keterbatasan itu menyebabkan dekstop publishing Microsoft ini sedikit tertinggal dibanding kompetitornya.Dengan kondisi seperti itu, Microsoft tentu tidak berdiam diri mereka pun segera memperbaiki publisher. Hasilnya, Microsoft publisher memiliki segudang kemampuan yang tak ada digenerasi sebelumnya. Bahkan Microsoft  publisher 2007 telah mampu untuk menghasilkan output file PDF berkualitas dengan kemampuan embedded font (Anonimd, 2011).

Kelebihan utama Microsoft publisher yaitu pengoprasiannya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Kelebihan inilah yang membuat bisnis-bisnis kelas menegah bawah mau melirik Microsoft publisher. Mereka yang tidak memiliki tenaga ahli dalam desain dapat memanfaatkan Microsoft publisher untuk menciptakan materi pemasaran seperti iklan, brosur, kartu nama, spanduk, sertifikat, amplop, kartu pos, katalog, kop surat, hingga kartu ucapan hanya dengan beberapa klik saja (Anonimd, 2011).

Berdasarkan Anonime (2012), berikut nama-nama template-template Microsoft publisher

1.    Advertisement

2.    Award Certificate

3.    Banners

4.    Brochures

5.    Bussinesss Cards

6.    Business Forms

7.    Calendars

8.    Catalogs

9.    E-mail

10.  Envelopes

11.  Flyers

12.  Gift Certificate

13.  Greeting Cards

14.  Import Words Documents

15.  Invitation Cards

16.  Label

17.  Letterhead

18.  Menus

19.  Newslatters

20.  Paper Folding Project

21.  Postcards

22.  Program

23.  Quick Publications

24.  Resumes

25.  Signs

26.  Web sites

27.  With Compliment Cards

 

 

Bagian-bagian Microsoft Publisher

Menurut Oscar (2007), menjelaskan bahwa bagian-bagian yang terdapat di dalam interface program MS Publisher yaitu :

1.    Office Button

Tombol Office digunakan untuk menampilkan menu-menu atau perintah yang berhubungan dengan dokumen, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan lain-lain.

2.    Quick Acess Toolbar

Quick Acess Toolbar merupakan bagian yang berisi icon-icon yang digunnakan untuk mempercepat akses sebuah perintah.

3.    Tab Menu

Bagian yang menunjukkan menu-menu yang berhubungan dengan perintah untuk mengolah dokumen.

4.    Title Bar

Bagian yang menunujukkan nama dari sebuah dokumen. Terdapat pada bagian teratas jendela Microsoft Publisher.

5.    Ribbon

Bagian yang berisi perintah-perintah dari sebuah menu. Setiap ribbon yang muncul berbeda-beda tergantung dari menu yang dipilih.

6.    Format Publication

Bagian yang menampilkan beberapa pilihan pemformatan publisher, baik itu Page Option, Color Scheme, Font Scheme dan lain-lain.

7.    Horizontal Scroll  Bar

Bagian yang digunakan untuk menggeser layar ke bawah atau untuk menuju ke halaman selanjutnya.Menurut Oscar tahun 2007 menjelaskan bahwa menu-menu program MS Publisher yang sering digunakan setelah kita memilih jenis publisher terdapat pada bagian Tab Menu. Adapun menu-menu tersebut adalah :

1.    File

Untuk membuka menu File, tekan tab Home lalu akan muncul beberapa perintah.

2.    Edit

Untuk membuka menu Edit, tekan tab Edit lalu akan muncul perintah mengedit data.

Gambar 46 Menu Edit

3.    View

Untuk membuka menu View, tekan tab View lalu akan muncul perintah untuk memunculkan perintah.

 

 

4.    Insert

Untuk membuka menu Insert, tekan tab Insert lalu akan muncul beberapa perintah penyisipan objek.

 

5.    Format

Untuk membuka menu Format, tekan tab Format lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan tampilan.

 

6.    Tools

Untuk membuka menu Tools, tekan tab Tools lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan pengejaan kata.

 

7.    Arrange

Untuk membuka menu Arrange, tekan tab Arrange lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan tampilan gambar.

8.    Table

Untuk membuka menu Table, tekan tab Table lalu akan muncul beberapa perintah untuk menyisipkan tabel.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: